RSS

Mengapa Skripsi Menakutkan?

By Audika

Akhirnya, pencapaian akhir dari sebuah perkuliahan telah tiba. mau tidak mau kita harus menyambutnya dengan senyuman, meskipun hati kita gundah gulana, galau, karena belum siap untuk menghadapi subjek tersebut, belum siap lahir batin, dan kalau bisa diundur satu semester lagi kali ya.

Tantangan terberat mahasiswa yang telah melakukan perkuliahan tiga setengah semester ini sulit untuk diterima. ada banyak faktor yang menyebabkan ini terjadi, yang membuat subjek ini menjadi ketakutan terbesar. beberapa di antaranya adalah:

1. Belum Mendapatkan Topik/Judul Skripsi, ini yang menjadi awal penyakit kepala para mahasiswa tingkat akhir yaitu belum mendapatkan topik atau judul skripsi yang ingin dibuat. masih kesulitan mendapatkan ide baru yang belum ada dibuat, yang sebelumnya telah dibuat ribuan skripsi yang sesuai dengan jurusan mereka.

2. Belum Bisa Membuat Program, naah ini saya banget. haha. memang jurusan kita tidak menitik beratkan kepada pemrograman sehingga mahasiswa dituntut mencari dan menggali sendiri ilmu tentang pemrograman ini, dan yang menjadi mahasiswa kehilangan mental adalah sidang skripsi jurusan kita fokus terhadap program, nilainya pun yang paling besar dan krusial.

3.  Ancaman Sidang, saya yakin semua mahasiswa yang manjalani sidang skripsi akan mengeluarkan keringat dingin. membayangkan suasananya, penguji, dan semuanya yang ada di sana. yang biasanya melakukan presentasi di depan mahasiswa lain dan itupun dilakukan bersama kelompok, kini melakukannya di depan dosen dan sendiri pula.

4. Rasa Malas, kalau masalah ini saya sih no comment deh. semua orang pasti mempunyai rasa malas. tergantung dari diri mereka sendiri punya keinginan kuat atau tidak untuk menyelesaikan ini semua dan meraih sebuah toga, kemudian difoto bersama kedua orang tua dan saudara mereka. that's the memorable things, sweet moment.

Semoga teman-teman kita yang satu universitas maupun beda universitas, yang satu fakultas maupun beda fakultas, yang satu jurusan maupun beda jurusan, yang mengambil Tugas Akhir atau Skripsi semoga diberi kekuatan dan dijauhkan dari rasa malas dan ketakutan yang menyelimuti benak kita semua. dan meraih hasil yang maksimal , dan mendapat sebuah Toga. Amiin...

Sumber Gambar: 4.bp.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 Comments:

Posting Komentar

Entri Populer